Friday 27 February 2009

HOME SWEET HOME

Pukul 15.15. udah 15 menit gue milih buat nulis di teras rumah setelah hampir setengah jam gue bosen dan bingung mau ngapain.

Diluar Udaranya nyaman. Nggak panas dan nggak hujan (Cuma mendung). Anak – anak tetangga lagi main (nggak tau main apaan, mereka Cuma saling kejar – kejaran) termasuk adik – adik gue yang tumben banget mau main didepan rumah (salma lagi main lomba lari sama Basmah, saudara sepupu) dan Asa lagi pergi sepeda – sepedaan ( tapi nggak tau kemana, palingan ke sekolahnya). Biasanya Asa, main PS2. Salma, nonton TV (kadang kalo TV lagi gue yang pegang, salma menghibur dirinya dengan main rumah – rumahan). Kalo hasna sih kebanyakan les sama kerja kelompok, jadi paling sering nggak ada dirumah( tapi hari ini dia dirumah. Nggak berangkat pramuka. Katanya dia lagi dapet tugas buat lomba apa gitu…kagak paham).


HOME SWEET HOME!!


That’s my home…

Nyokap punya prinsip “RUMAH HARUS SENYAMAN MUNGKIN, WALAUPUN RUMAHNYA KECIL, DIDAERAH TERPENCIL, DAN SANGAT RAME, ORANG – ORANG YANG ADA DIRUMAH ITU HARUS BETAH KALO UDAH ADA DI DALAM RUMAH”


Itu bukan cuman sekedar prinsip. Nyokap selalu bisa ngebuat anggota keluarganya sangat nyaman ada dirumah. Semua fasilitas nyokap berikan buat anak – anaknya.

Gue inget banget fasilitas pertama yang bikin kita – kita (anak – anaknya) betah dirumah adalah Komputer. Itu 6 tahun yang lalu. Terus 1 tahun kemudian nyokap masang internet (waktu itu masih pake telkomnet instant yang browisingnya lamaaaaaaaaaaa banget). Asa juga dibeliin X-Box (yang seri limited edition). Berhubung hobby Hasna dan asa yang sama maka, itu X-Box jadi mainan favorit mereka. And then 2 tahun yang lalu nyokap juga pasang TV berlangganan Indovision. Jadilah kita semua betah dirumah. Semua orang disini punya channel favorit masing – masing. Channel 11(star movies), 12(celestial movies), 42(AXN), 45 (Hallmark),61 (MNC music), 62 (MTV), dan channel TV swasta Indonesia. Itu adalah channel yang paling sering dilirik. Terus 1,5 tahun yang lalu. Nyokap juga berlangganan Speedy. Internetan jadi makanan sehari – hari kita semua. Si Asa aja bisa faseh banget ngegunain internet. Padahal waktu itu dia baru kelas 2 SD.

Dan waktu gue keterima sebagai mahasiswi di Semarang State University (UNNES) gue dibeliin Laptop!!

Nyokap gue emang Gaul abis!!!!bener – bener nggak katro!! Para murid beliau aja salut banget sama ke-Gaul-an Nyokap. Katanya Nyokap gue lebih update sama Lagu – lagu baru ketimbang murid – muridnya (kalo ini, siapa dulu anaknya…GUE gitchu…!!).


Balik lagi sama keadaan rumah. Rumah gue terletak di sebuah perumahan abri (dulu). Dikatakan lingkungan padat penduduk, bisa juga. Tapi perumahan gue bersih (nggak kumuh), jalannya di aspal dan pembuangannya(selokan) lancar (nggak ada acara banjir – banjiran deh). Gang diperumahan gue juga nggak sempit soalnya mobil bisa dengan leluasa masuk dan keluar. Meskipun terkadang kalo ada mobil diparkir, mobil yang mau lewat harus dengan sangat hati – hati lewatnya. Karena kalo nggak, pilihan yang harus diambil adalah (mobil yang diparkir lecet kena gesekan atau mobil yang mau lewat masuk selokan).

ini gambar gang di rumah gue :

ini gue ambil didepan rumah gue. dan itu mobil tetangga gue. mobil bokap lagi di bengkel.he..he..


Nyokap yang punya hobby berkebun (yang nggak nurun ke anak – anaknya) Sebenarnya punya impian. Beliau pengin punya rumah yang halamannya luas banget. Jadi bisa berkebun cabe, kangkung, etc. tapi itu nggak bisa diwujudin di perumahan.

jadilah nyokap membuat rumah penuh dengan hijau – hijauan (tanaman) tapi dengan segala macam cara agar terlihat rapi (yang di foto belum semuanya, tanamannya banyak banget!). Biasanya kan ada rumah yang keliatannya banyak hijau – hijauan tapi mereka lebih milih beli taneman palsu tapi kalo nyokap, semuanya tanaman asli. Yang harus tiap hari disiram dan beberapa bulan sekali dikasih pupuk.

Tanaman – tanaman dirumah gue nggak Cuma dihalaman rumah (teras rumah kali ya..) tapi di atas (ditingkat buat njemur pakaian) juga banyak banget tanemannya.


Nyokap gue bener – bener “GO GREEN!”. Dirumah gue juga nggak pake AC (air conditioner) tapi pake AA (angin alami) karena dirumah gue sengaja dibuat banyak jendela. Kalo pas udara panas banget dan AA nggak kunjung menyejukan, keluarga gue pake Fan (kipas angin. Keluarga gue selalu bilang Fan,mungkin karena nyokap yang an English teacher). Jadi keluarga gue bener – bener nggak nambah efek rumah kaca dong??

Dan ada satu area dirumah gue yang paling sering nggak dipergunain. Itu adalah…RUANG TAMU.

Bokap yang seorang makelar mobil (makelar yang sangat jujur tentunya) yang nyambi sebagai seorang guru olahraga (kenapa makelar nyambi guru??nggak kebalik??sabar…ntar gue jelasin) lebih sering nerima tamu – tamunya di teras rumah. Nyokap juga milih nerima tamu – tamunya diteras. Nah kalo kebetulan bo-nyok lagi sama – sama ada tamu, maka nyokap akan menjamu tamunya di ruang keluarga (kalo tamunya CEWEK).

Kembali ke bokap. Kenapa gue bilang bokap itu makelar yang nyambi jadi guru, karena jam kerja bokap sebagai makelar lebih panjang daripada jam kerja bokap sebagai guru. Dan asal tau aja, keuntungan makelar mobil itu lebih gede lho daripada gaji PNS!!tapi makelar nggak bisa dijadiin mata pencahariaan utama, itu kata bokap.


gue bakalan cerita lebih banyak tentang keluarga gue..tapi nggak di post an ini…pastinya bakalan dilain judul!!

Huuuuuaaaahhhhhhhhhh(nguap)..ternyata udah jam 16.30…nggak kerasa dah hampir maghrib. Kopi gue juga dah ludes. Ternyata hujannya juga udah berhenti…..

Capek….berhenti dulu ah…..

No comments:

Post a Comment

what are you thinking about me???